Sepeda Motor Roda Satu, Unik, Bisa Jalan Gak Ya?

Satu lagi hal yang membuat kita sendiri merasa kagum. Yaitu perkembangan teknologi. Terutama teknologi transportasi. Pada zaman tahun 1900an, teknologi transportasi berkembang saat kereta api digunakan untuk lintas antar negara atau daerah. Sekedar mengantar barang, hingga mengantar orang. Lalu, transportasi itu kini berkembang hingga di Jepang memiliki kereta api yang sampai memiliki kecepatan beratus-ratus kilometer perjam. Dulu juga pengayaan tentang manusia terbang menggunakan pesawat masih tahap uji coba. Sekarang pesawat sudah ada yang supersonik. Benar-benar maju teknologi ini. Padahal sebelum tahun 1500an, teknologi seperti lambat berevolusi. Sekarang sampai tidak bisa lagi di bendung.

Nah, salah satunya adalah teknologi kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor. Fungsinya diadaptasi dari sepeda ontel atau sepeda kayuh. Namun prinsipnya hanya menambahkan motor didalamnya. Lalu diperkuat rangkanya, dan juga ditambahkan komponen yang lebih kokoh untuk menopang mesin motor yang cukup berat itu. Masih sama-sama menggunakan rantai sebagai penyalur tenaga dari mesin motor ke roda belakang. Tapi bentuknya zaman sekarang sudah aneh-aneh. Unik, tapi masalahnya bisa jalan gak ya? Ya, sepeda motor roda satu. Silahkan dilihat dibawah ini.




Nah, bagaimana mungkin bisa berjalan? Bisa saja. Pertama, menjadikan sepeda motor roda dua itu stabil mampu berdiri seimbang di tengah porosnya. Coba lihat di mesin yang berada di gambar nomer tiga. Benar-benar diupayakan di tengah lalu roda bannya mengelilingi mesin tersebut. Agak unik memang ini. Tapi ini bisa jalan loh. Lalu gambar nomer 2 sebenarnya memiliki konsep seperti sepeda motor yang digunakan pada motor besar atau MotoGP. Hanya saja, rodanya satu dan itu juga ditengah. Sayangnya ada ketidak nyamanan oleh pengendaranya karena kakinya harus menganggat seperti itu. Tidak seperti pada gambar nomer pertama dan ketiga yang benar-benar di desain senyaman mungkin untuk dikendarai. Mungkin sepeda motor nomer dua itu tidak bisa benar-benar digunakan secara normal.

Gambar nomer satu itu adalah The RYNO, sepeda motor beroda satu hanya khusus diperuntukkan jarak dekat saja. Digunakan untuk tujuan pemerintahan dan industri. Memberi kesan kenyamanan para penggunanya lantaran menggunakan bahan bakar elektrik atau baterai yang bisa dicas. Juga merupakan sepeda motor automatis tanpa perseneling gigi seperti pada roda dua. Hanya tersedia di Amerika dan Inggris. Tujuannya jelas untuk mempersingkat jarak tempuh jika menggunakan sepeda namun juga tidak menyebabkan masalah kemacetan baru. Namun di Indonesia sepeda motor roda satu ini tidaklah menyelesaikan masalah apapun.

Kenapa? Karena kita sering lihat bahwa sepeda motor roda dua digunakan selain untuk transportasi juga untuk berbisnis. Banyak sekali sepeda motor digunakan sebagai mengantar barang. Harusnya tidak boleh. Sepeda motor baik roda dua sekalipun punya ketentuan batas beban yang boleh diangkut. Semisal batas beban 110 kilogram. Lalu ada batas visual, semisal sepeda motor tidak boleh membawa barang apapun yang menghalangi jarak pandang pengendara di belakangnya. Nah, jadi sepeda motor roda dua ini baru bisa benar-benar dimanfaatkan di Indonesia jika perekonomian kita sudah seperti Amerika atau Inggris. Oke, tapi kita tidak membahas itu tentunya. Kita membahas, bisa jalan gak sih ini sepeda motor? Jawabannya. Bisa. Hehe. Unik ya? Semoga terhibur.

Artikel Keren Lainnya:

0 Response to "Sepeda Motor Roda Satu, Unik, Bisa Jalan Gak Ya?"

Posting Komentar