Kenapa Kita Butuh Motivasi Dalam Hidup Ini?


Pertanyaan ini sebenarnya tidak ditujukan untuk kamu saja. Tapi juga untuk diri saya sendiri. Menghadapi hidup ini sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang itu jika berjalan apa adanya. Susah itu jika hidup telah berjalan, tapi berbeda dengan keinginan. Atau kita ingin ada yang berbeda dari kenyataan yang ada. Untuk itulah hidup butuh sekali motivasi. Agar apa? Agar kita memperjuangkan keinginan kita yang berbeda dari kenyataan yang kita dapati. Tidak hanya remaja loh yang butuh motivasi. Orang dewasa, orang tua, semua butuh motivasi. Bahkan anak kecil usia balita juga butuh motivasi. Walaupun, motivasi itu tentu tidaklah serumit penjelasan Mario Teguh misalnya. Namun anak-anak juga butuh dorongan, dukungan dari orang sekitarnya terutama orangtuanya agar mau mencoba, melakukan, tindakan-tindakan yang membuatnya bahagia dan tidak menyerah.

Kita Selalu Berbuat Salah dan Menyerah

Motivasi dibutuhkan karena kita selalu cenderung untuk berbuat salah. Lalu kemudian kita cenderung untuk diam tanpa memperbaiki kesalahan tersebut. Hingga kita tidak belajar dan jatuh ke dalam kesalahan yang sama berulang-ulang. Itulah alasan kita butuh motivasi. Sama seperti bola kelereng yang kita gelindingkan. Sejauh apapun dia menggelinding, dia akan diam di suatu tempat. Lalu butuh dorongan lagi untuk membuatnya menggelinding lebih jauh. Filosofi sederhana ini bermaksud mengajarkan kita bahwa kita punya semangat untuk memulai sesuatu yang baik. Lalu perlahan semangat itu berkurang, lalu hilang sama sekali. Kemudian kita butuh dorongan, motivasi, dukungan, untuk dapat meletupkan semangat yang sempat hilang tapi. Ya, hilangnya semangat terlalu lama bisa dikatakan menyerah. Jadi, itulah alasan jelas pertama kali kita butuh motivasi.

Karena Hidup Tak Pernah Sesuai

Apa kesesuaian hidup bagimu? Jadi terkenal layaknya justin bieber atau taylor swift? Punya perusahaan teknologi seperti anak muda mark zuckerberg? Punya uang banyak, sekolah di sekolah favorit, tidak kesulitan memenuhi kebutuhan hidup, jalan-jalan ke luar negeri sesering mungkin, dan masih banyak kesesuaian hidup yang kita inginkan. Sayangnya, tak jarang kesesuaian itu bertolak belakang dengan fakta yang kita dapati. Benar kan? Itulah alasan kedua kita butuh motivasi. Agar kita mau berusaha, bekerja keras, belajar lebih banyak untuk mengubah keadaan hidup yang sekarang ini sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Karena Kita Selalu Bosan

Yups, ini kebenaran atau fakta yang ketiga. Alasan kita harus terus mendapatkan motivasi dari apapun dan siapapun adalah lantaran kita sering kali bosan dengan hidup yang kita jalani. Bagimu yang belum setenar pendiri facebook itu jelas ingin duduk di gedung pencakar langit tempat dirinya memimpin perusahaan. Tapi jangan salah jika nyatanya, dirinya malah ingin seperti kita menikmati hidup yang santai-santai saja. Ya, setiap orang akan berkata bahwa enak kali ya kalau hidup seperti A, enak kali ya kalau hidup seperti B, lantaran dirinya sendiri sudah mulai jenuh berjuang dan berusaha dalam hidupnya. Padahal rasa bosan itu semua manusia dapati. Tidak terkecuali. Hanya dengan mendapatkan motivasilah kita akan mampu untuk lepas dari rasa hidup bosan.


Sudah jelas 3 alasan tersebut mengapa kita butuh motivasi? Kalau belum, nanti akan dihadirkan berbagai artikel motivasi khusus remaja dan umum yang bisa menjadi referensi bagimu tentang kehidupan.

Artikel Keren Lainnya:

0 Response to "Kenapa Kita Butuh Motivasi Dalam Hidup Ini?"

Posting Komentar