3 Langkah Mudah Melatih Fokus Pikiranmu



Salah satu yang banyak salah dalam berlogika saat ini adalah bahwa multitasking adalah hal yang patut dimiliki semua orang. Padahal hal tersebut dapat membuat seseorang hilang fokus dalam setiap hal yang dilakukannya. Bukannya hebat, melainkan banyak hal bisa tidak terselesaikan. Bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu sebenarnya tidak ada. Yang ada hanyalah kita mampu berpindah-pindah kegiatan dari yang satu ke yang lain dengan cepat dalam satu waktu. Tapi jika mau dilihat dengan bijaksana, maka dipastikan hal yang dikerjakan pertama kali belumlah selesai sepenuhnya namun berpindah ke hal lain untuk dikerjakan. Seseorang yang mengalami hal ini, terutama kamu remaja, malah akan sulit menjalani kehidupan secara profesional. Seperti kehidupan belajarmu di kelas atau kampus, lalu kehidupanmu dalam pekerjaan dan juga kehidupanmu yang sehat jauh dari stress. Ya, multitasking mampu juga mendatangkan stress. Oke, untuk itu, kita harus belajar untuk fokus. Ini 3 tips yang mudah dilakukan untukmu.

Lakukan 1 Hal Baru Dalam Rutinitasmu

Seseorang butuh refresing termasuk juga kita. Pagi bangun untuk sholat, lalu sarapan, lalu mandi, lalu berangkat ke sekolah, kampus dan tempat kerja. Kemudian menanti hingga jam makan siang untuk istirahat dan juga melanjutkan aktifitas kembali hingga rutinitas itu selesai dan pulang ke rumah. Kita melakukan itu hampir setiap hari. Padahal di sela-sela aktifitas itu, bisa kita lakukan 1 hal saja untuk membuat pikiran kita jadi segar dan fresh. Nantinya juga hal tersebut yang akan membuat kita jauh lebih fokus dari sebelumnya. Oke hal apa saja itu? Lihat list hal baru yang cukup sederhana untuk dilakukan.

  • Minum air putih
  • Meregangkan otot badan yang kaku
  • Menarik dan menghembuskan nafas panjang
  • Berdiri dan berjalan setelah duduk lama
  • Melihat lingkungan sekitar
Apakah itu berhasil? Coba saja. Ambil setiap 5 menit selang waktu 1-2 jam untuk melakukan 1 hal diatas maka kamu akan mendapatkan manfaatnya yang cukup besar. Yaitu dirimu kembali fokus pada kewajiban yang harusnya kamu selesaikan dengan segera. Kamu juga bisa menambahkan 1 hal baru yang kamu ketahui. Karena tidak setiap hal diatas dapat dikerjakan, jadi tergantung dari kondisi yang kamu miliki saat ini.

Hibur Dirimu Dengan Kegiatan yang Kamu Sukai

Oke, hal kamu sukai disaat senggang itu apa? Mendengarkan musik? Membaca Buku? Menggambar kartun? Cobalah lakukan hal-hal itu di waktu-waktu istirahatmu. Carilah hal yang bisa membuatmu bangkit dan bersemangat lagi. Karena fokus sebenarnya otak sedang melakukan kerja keras untuk dapat bertahan memahami sesuatu atau bertahan dikegiatan yang butuh konsentrasi tinggi. Sehingga otak merasa cepat lelah. Butuh asupan tenaga ataupun istirahat sejenak. Musik, Buku, Menggambar, adalah salah satu cara yang mudah untuk dilakukan demi mendapatkan fokusmu kembali. Coba cek musik apa yang membuatmu bersemangat lagi, membaca komik atau hiburan yang lucu, atau menggambar abstrak yang pernah kamu lakukan. Satu lagi yang perlu menjadi pertimbangan, saat melakukan hiburan dikala istirahat, sebisa mungkin hindari hal-hal yang berkaitan dengan internet. Kenapa? Internet memudahkan kita untuk multitaskin. Hal tersebut bukan malah membuat kita terhibur dengan baik, melainkan malah menambah beban otak untuk bekerja membaca atau menonton banyak sekali informasi di satu waktu.

Buatlah Skala Prioritas Untuk Kegiatanmu

Saat sekolah ingin banyak melakukan sesuatu di satu waktu. Namun sayangnya, saat semua dikerjakan dan menjadi sibuk, kita akan menemui waktu dimana bingung ingin melakukan apa. Ya, itulah efek buruk dari multitasking tadi. Saat kita mampu melakukan banyak hal di satu waktu, kita menjadi punya banyak waktu luang yang sebenarnya tidak bermanfaat. Karena kita bingung ingin melakukan apa selanjutnya. Padahal banyaknya hal yang kita lakukan sebelumnya juga tidak sepenuhnya selesai. Skala priorita membantumu untuk tetap fokus menyelesaikan satu hal dulu baru berlanjut ke hal lainnya jika telah selesai. Sehingga waktu termanfaatkan dengan baik. Nantinya, waktu istirahat atau waktu luang yang didapatkan akan benar-benar digunakan untuk beristirahat, tidak untuk memikirkan kegiatan apa lagi yang harus dikerjakan setelahnya. Buat catatan di buku harianmu, buku tulis, atau di gadgetmu. Coba untuk mencatat mana dulu yang harus dikerjakan. Tulislah berupa daftar nomer dari 1 hingga 10. Nomer 1 adalah yang harus kamu kerjakan lebih dulu. Baru nomer 2 dan seterusnya. Buatlah daftar nomer 1 adalah yang penting untuk diselesaikan lebih dulu, baru nomer 2 dan seterusnya.

3 langkah diatas tidak bisa dilakukan secara bersamaan, tapi bertahap dan bergantian. Tentunya semua untuk bisa melatih fokus pikiranmu. Nah, selamat mencoba ya, semoga sukses.


Artikel Keren Lainnya:

0 Response to "3 Langkah Mudah Melatih Fokus Pikiranmu"

Posting Komentar