Bolu Kukus Juga Banyak Dicari Resepnya


Satu lagi bagi kamu yang pengen tahu hal apa sih yang lagi ngetrend di google soal masakan, nah, ini nih, diperingkat ke dua, jeng-jeng... Ada bolu kukus... Sebenarnya, bolu kukus ini seperti cake dalam dunia kultur orang barat. Ya, cake itu di kukus juga, artinya menggunakan oven agar matang tepung cair yang sudah diolah dengan beragam bahan dari resep yang ada dan dipadatkan untuk menjadi cake atau roti yang diinginkan. Bolu kukus banyak dicari sebenarnya tidak ada alasan khusus. Hanya saja, sangat cocok bagi mereka yang ingin membuka peluang usaha dalam berjualan kue. Bolu kukus sendiri termasuk kue kering loh. Renyah, gurih, dan mengenyangkan. Disukai banyak kalangan usia dari anak-anak hingga orang dewasa. Belum lagi dari varian warnanya yang menggugah selera.

Sebenarnya, bolu sendiri dulunya berbentuk seperti tabung. Mirip sushi kalau dilihat tengahnya, bedanya sushi itu nasi yang digulung. Nah ini roti yang digulung atau bolu. Lantas dengan perkembangan jaman, apapun yang dikukus terutama roti yang bentuknya mungil, cenderung berbentuk kubah, kerucut, atau yang setengah bulat dinamakan bolu kukus. Eh, kalau kamu tahu, ternyata bolu kukus tidak hanya dikenal di Indonesia loh. Di Cina, bentuk bolu kukus juga mirip dengan Indonesia. Namun warnanya cenderung lebih ke pink atau putih. Bentuknya seperti setengah bulat. Sedangkan di Indonesia bentuknya seperti gambar diatas. Bahkan ada bolu kukus yang mekar seperti bunga.

Nah, sedangkan di Amerika sana, apapun roti yang dikukus juga bisa dikatakan bolu kukus. Bentuknya malah mirip dengan puding. Bahkan tidak sedikit diberi tambahan manisan berupa olesan coklat cair ataupun susu coklat. Sebenarnya perbedaannya terletak pada resep saja. Roti yang berkualitas terutama untuk bolu mencirikan warna yang diusungnya. Seperti bolu kukus warna hijau biasanya ada wangi dan rasa pandannya. Sedangkan warna coklat ada rasa pahit coklatnya. Sedangkan warna campuran seperti bolu talas memiliki dua warna yaitu coklat dan hijau talas yang tentunya rasanya terpisah namun tetap dalam satu bolu kukus itu sendiri.

Ya, dulu bolu kukus digemari karena bentuknya tabung itu. Sekarang digemari yang bentuknya layer atau lapisan. Seperti roti balok yang tiap lapisannya terdiri dari berbagai macam rasa dalam satu roti. Ya, seperti layer cake begitu. Namun biasanya tidak sekompleks layer cake, paling tidak maksimal 3 warna berbeda dalam satu roti, berarti 3 rasa berbeda juga. Nah, Jepang cukup unik. Rasanya bahkan ada yang rasa teh hijau. Coba cari di google untuk resep-resep bolu kukus kesukaan kamu. Jangan lupa kreasikan juga. Bisa jadi malah disukai banyak orang. Nantinya kamu bisa mengembangkannya ke arah peluang usaha kuliner.


Artikel Keren Lainnya:

0 Response to "Bolu Kukus Juga Banyak Dicari Resepnya"

Posting Komentar